Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Sabtu, 02 November 2013

Sejarah Teknologi Informasi

Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer sebagai alat hitung ternyata sudah digunakan manusia sejak dulu. Sejalan dengan pemikiran manusia komputerpun semakin sempurna dari bentuk sampai kemampuannya. Perkembangan ini secara umum dibagi menjadi 2 masa, yaitu:
1.Era komputer mekanik
Setelah tahun 1642 di perancis, Blair Pascal membuat sebuah mesin hitung yang hanya bisa melakukan operasi hitung penjumlahan saja yang disebut Adding Machine. Kemudian disempurnakan sehingga dapat untuk melakukan operasi matematik yang lainnya (tahun 1673 oleh Von Leibnitz).
Dapat dikatakan bahwa era komputer mekanik memunculkan alat-alat hitung yang bahan dan penggeraknya berupa tenaga mekanik.
2.Era komputer elektronik
Sejak ditemukannya listrik oleh M. Faraday, berkembang alat-alat yang menggunakan tenaga listrik termasuk komputer. Rancangan komputer elektronik pertama kali dibuat oleh John Atanasoff dari AS pada tahun 1942. dan berkembang hingga sekarang.
Era perkembangan komputer dapat dibagi menjadi beberapa periode, yaitu:
a.Komputer generasi pertama (1946-1959)
Tahun 1946, Computer digital  pertama didunia Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) I dikembangkan. ENIAC adalah computer elektronik penuh pertama yang didesain agar Turing-complete, yang mampu diprogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan. ENIAC dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat AS untuk Laboratorium Penelitian Persenjataan mereka dengan tujuan untuk menghitung table tembakan senjata. Ide tentang ENIAC dipikirkan dan didesain oleh J. Presper, Eckert dan John William Mauchly dari Pennsylvania University. Computer tersebut mulai dibangun pada 17 Mei 1943 sebagai Proyek PX dan dibangun di Moore School of Electrical Engineering sejak pertengahan 1944 dan dioperasikan secara resmi sejak Februari. Ciri utama dari generasi pertama ini adalah:
a.Menggunakan lampu tabung sebagai komponen utama.
b.Ukuran per unit komputernya sangat berat dan besar.
c.Cepat panas sehingga dibutuhkan alat pendingin yang banyak.
d.Boros listrik.
e.Proses relatif lambat.
f.Ketepatan hasil proses rendah.
g.Kapasitas data kecil.
b.Komputer generasi kedua (1959-1965)
Komponen utama penyusun komputer generasi kedua adalah transistor. Komponen ini lebih unggul segalanya daripada tabung hampa namun harga jual murah. Kelemahan generasi pertama dapat diperbaiki.
c.Komputer generasi ketiga (1965-1970)
Fungsi transistor digantikan oleh IC (Integrated Circuits) atau rangkaian terpadu. Sekeping IC dapat menggantikan kerja beberapa transistor, diode, dan resistor sekaligus. Sehingga lebih baik hasilnya daripada generasi sebelumnya. Ukurannya mekin kecil namun kecepatannya makin tinggi, kapasitas lebih besar, juga dimungkinkan komunikasi antar komputer.
d.Komputer generasi keempat (1970- )
Komponen utama komputer generasi ini adalah VLSI (Very Large Scale IC) yaitu IC yang ditingkatkan kemampuannya hingga ratusan hingga ribuan kali dengan ukuran fisik yang semakin kecil.
e.Komputer generasi kelima
Sekarang para pakar komputer merancang dan memikirkan bagaimana membuat komputer dengan komponen utama AI (Artificial Intelligence) atau kepandaian buatan, sehingga diharapkan dapat menentukan sikap sendiri jika menerima data, hendak diapakan data itu adalah atas inisiatif sendiri

Perkembangan Komputer dari generasi ke generasi

Sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa selalu saja manusia menemukan sesuatu yang baru dan lebih baik, begitu juga dengan penemuan teknologi komputer. Kemajuan-kemajuan yang dicapai manusia telah mengubah bentuk dan efisiensi kerja dari komputer-komputer tersebut, sehingga kita dapat membagi perkembangan teknologi komputer dalam beberapa generasi sebagai berikut:
1.  Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

Banyak yang menganggap bahwa komputer selamanya hanya sebagai suatu alat yang digunakan untuk tujuan yang saintifik saja, bukan untuk kegunaan umum, dikarenakan beberapa hal, antara lain:
·         Komputer generasi pertama umumnya digunakan untuk tujuan saintifik
·         Ukurannya amat besar
·         Ketidaktepatan pemprosesan
·         Harganya yang tinggi
·         Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya
·         Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (Assembler)
·         Memerlukan daya listrik yang besar
·         Kapasitas penyimpanannya kecil.
contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC. ENIAC adalah Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Pgamroposal ENIAC dirancang oada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.

 2.  Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Generasi kedua komputer menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori. Daya ketahanan transistor didapati lebih baik kerana ia tidak mudah terbakar. Keupayaan pemprosesan dan ingatan utama komputer juga bertambah. Ciri-ciri komputer ini sebagai berikut:
·         Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum
·         Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL
·         Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage
·         Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk
·         Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing
·         Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama
·         Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik
·         Kebutuhan daya listrik lebih kecil
·         Orientasi program tidak hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik
contoh komputer generasi kedua adalah UNIVAC III, dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik.
3.  Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Generasi ketiga perangkat keras komputer dikarakteristikan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk pusat prosesing unit. Intergrated Circuit (lebih dikenali sebagai IC) merupakan satu rangkaian litar elektronik lengkap dalam satu cip silikon yang kecil. Ia mula digunakan pada tahun 1965. Jenis terkecil dalam famili komputer, yaitu mikrokomputer muncul dalam generasi ini. ciri-ciri komputer ini yaitu:
·         Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits)
·         Peningkatan dari softwarenya
·         Pemrosesan lebih cepat
·         Kapasitas memori lebih besar
·         Penggunaan listrik lebih hemat
·         Bentuk fisik lebih kecil
·         Harga semakin murah
contoh komputer generasi ketiga ini adalah IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation)
4.  Komputer Generasi keempat (1970 – 1980)
Generasi komputer ke empat dikarakteristikan dengan memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil, dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Karena setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen komponen elektrik. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Komputer ini Menggunakan Large Scale Integration (LSI) dan dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer. contoh komputer pada generasi ini adalah IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, dan IBM Pentium II

5.  Komputer Generasi kelima (sejak 1980 an)

Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Pada generasi pentium, memiliki ciri khas yaitu:
·         peningkatan kecepatan akses datanya
·         tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia
·         fungsi komputer menjadi lebih cerdas
·         Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.

6.  Komputer Generasi keenam (masa depan)


Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang :
·         lebih canggih dan lebih murah
·         memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir
·         mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia
·         kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi
·         bisa berkomunikasi langsung dengan manusia
·         bentuknya semakin kecil
·         komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar